Menjadi seseorang freelancer membutuhkan strategi jitu untuk memenangkan kompetisi dengan memberdayakan wangsit dan kreatifitasnya kepada audience. Cara yang dilakukan untuk membuat project atau memenangkan project merupakan dua buah peluang yg harus diciptakan dengan bantuan media sosial creative market yang sudah menjadi start-up baru membius para freelancer apapun bentuk kreatifitasnya dimulai menurut designer, konsultan, auditor, penulis artikel, dsb.
![]() |
| Cara Jitu Mendapatkan Project Dari Seorang Freelancer. Poto oleh: projectvariability.org |
Mind-Set client terhadap seorang freelancer.
Untuk perusahaan kecil & menengah adalah perusahaan yg membentuk pendapatan yang tidak begitu besar dapat dikatakan memiliki omzet setahun dibawah IDR 1M. Sebenarnya perusahaan ini masih pada termin berkembang untuk maju dan mereka membutuhkan seseorang konsultan freelancer yg mau membantu mereka tetapi mereka nir secara penuh penekanan buat hired mereka untuk sanggup masuk dalam departemen pada perusahaan mereka, hanya beberapa saat saja buat project tertentu. Kebutuhan tentu beraneka-ragam, misalnya saya sebutkan diatas. Nah, bagi anda seorang freelancer kondisi seperti mampu menjadi peluang besar buat memenangkan kompetisi dengan mendapatkan project yang tersedia pada perusahaan mereka & menghasilkan nilai nominal yang cukup menggiurkan.
Memang sangat masuk akal sebenarnya perusahaan skala UMKM ini nir terlalu fokus mau menggaji para freelancer buat membantu mereka lantaran fokus mereka hanya buat memenangkan kompetisi jenis barang atau jasa mereka saja, maka seseorang client akan menggaji anda sesuai dengan kesulitan yg mereka hadapi terhadap pos-pos eksklusif.
Tantangan yg tak jarang dihadapi para freelancer adalah naik turunnya project yang diterima. Ada masa-masa booming project dan ada masanya low-session project. Setiap pekerjaan niscaya terdapat masa-masa misalnya ini, tetapi itulah keadaan yg wajib dihadapi. Untuk sanggup berkreatifitas apapun kondisinya ada beberapa tips jitu untuk mendapatkan project berdasarkan seseorang freelancer yg perlu anda ketahui:
1. Anda harus menciptakan suatu taktik buat berhubungan menurut aneka macam pihak tertutama pihak ketiga yg membutuhkan skill anda seperti model seorang freelancer designer suatu logo atau penulis artikel buat company-profile. Targetkan dalam perusahaan mini dan menengah menggunakan skala UMKM. Dimana dalam sasaran pasar ini masih memutuhkan jasa seseorang freelancer tetapi tidak membutuhkan biaya akbar menciptakan brain image perusahaan mereka yang harus mereka lakukan. Cara ini mereka lakukan untuk mampu membicarakan produk atau jasa yg mereka miliki supaya mampu dikenal lebih luas oleh konsumen. Pada termin ini tentu anda mempunyai beberapa client yg sudah diprospek sebelumnya buat membantu mereka membangun apa yang mereka inginkan. Cara misalnya ini bisa tercipta bila anda telah bisa mendapatkan beberapa client yang sama pada sebulan dan anda berpotensi buat menerima penghasilan dalam sebulan.
Dua. Publikasikan ke pada platform creative market yg sangat populer sinkron dengan freelancer anda. Misalnya pada creative market designer, konsultan, penulis artikel, dsb atau bahkan anda mampu publikasikan sendiri buat skala internasional yang terangkum pada platform internasional. Cara ini sanggup anda lakukan buat memberikan proto-tipe produk freelancer anda sendiri sehingga target pasar sanggup langsung pada user anda pribadi. Jangan patah semangat pada publikasi yang masih pada proses tidak mampu eksklusif terdapat client, tetap berikan penekanan brain-wash freelancer anda untuk bisa menyakinkan client menggunakan jasa yang anda miliki. Makin banyak anda lakukan publikasi berarti anda telah menebarkan kesempatan yg besar buat menerima client baru.
3. Bisa anda kembangkan dengan beraneka ragam platform lain buat menunjang kinerja anda. Bagaimana memperkenalkan produk jasa anda dengan menciptakan informasi yang terkoneksi menggunakan internet. Seperti contoh, anda wajib memberanikan diri buat terjun kedalam global broadcast misalnya youtube, & blog dan website bisnis anda. Ini wajib dilakukan buat memenangkan taktik dengan membuat packaging baik untuk menjual jasa anda pada client yg ingin membutuhkan freelancer anda.
Menurut aku inilah poin krusial yang harus anda kenali bagaimana seseorang feelancer bekerja buat mendapatkan beberapa project menurut segala sudut pandang. Pekerja lepas ini sudah mulai meluas ke bentuk lain. Anda jua mampu membentuk pekerjaan tanggal lainnya buat menyingkirkan kejenuhan dalam masa-masa low session. Pekerjaan lain yg saya maksud anda harus mempunyai kreatifitas yg sanggup menciptakan peluang usaha baru lain.
