Senin, 11 Mei 2020

Kereta Api Sebagai Transportasi Masa Depan Indonesia

Kereta api merupakan moda transportasi yang sangat populer di kalangan masyarakat saat ini, hal ini bukanlah hal yang kebetulan namun hal yang sudah diusahkan secara keras dan mejadi komitment management PT. Kereta Api Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut. Jika kita mau bernostalgia sedikit Kereta Api jaman dulu, kita bisa temukan banyak ketidaknyamanan yang terjadi antara lain, jumlah penumpang yang melebihi kursi, pedagang kaki lima yang hilir mudik, penumpang yang tidur dilantai, penumpang yang merokok dan lain lain. Saat ini itu hanya sebuah cerita masa lampau, kereta Api yang sekarang kita lihat sudah bertransformasi mejadi transportasi yang menjadi andalan masyarakat, selain nyaman dan aman juga menjadi transportasi favorit, karena kita dimanjakan dengan banyak fasilitas didalamnya. Kereta Api saat ini juga sudah memiliki customer yang tersebar dari segala usia, segala profesi dan juga dalam dan luar negeri. Customer ini tentunya harus selalu diberikan servis terbaik sehingga kepuasannya mejadi hal yang menjadi fokus utama perseroan. Karena ketika kita bicara bidang Jasa maka kita akan berbicara tentang trust atau kepercayaan, dan sangatlah tidak mudah untuk mencapai apa yang sudah dicapai KAI Pada masa kini.

Di era perkembangan pada masa sekarang ini seluruh perusahaan dituntut melakukan penemuan. Kereta Api menjadi menjadi sebuah merk yg telah sangat dikenal warga generik dan memang memiliki magnet spesifik, KAI yg telah sangat identik dengan transportasi yg kondusif dan nyaman. Bahkan bisa kita rasakan bahwa perkembangan KAI waktu ini sangatlah luar biasa, perbaikan fasilitas, pembangunan infrastuktur yg tujuannya buat memberikan pelayanan yg terbaik bagi customer atau pengguna KAI.

Ketika kita bicara sebuah brand khususnya Kereta Api maka kita akan bicara tentang visi kedepan, kita akan bicarakan mengenai semua komponen yg ada dalam sebuah perusahaan. Saat ini KAI sudah sangat melekat sebagai salah satu transportasi andalan bagi masyarakat umum. Pelayanan yg sangat prima pun selalu diberikan menurut saat ke ketika menggunakan adanya terus pemugaran. Mungkin waktu orang ditanya apa yg dipikirkan mengenai Kereta Api, maka lumrah akan kita jumpai orang menyebut bahwa transportasi bebas macet, on time pada jadwal, pelayanan yang sangat nyaman, bersih, rapi dsb.

Saya rasa ini adalah sebuah kekuatan yg dibangun bukan dari sebuah periode yang singkat namun dari sebuah kristalisasi perjuangan dari perusahaan berdasarkan awal terbentuk sampai kini . Kekuatan inilah yg wajib pada explore lebih jauh buat pengembangan kedepannya, karena menggunakan kekuatan tersebut haruslah membawa kereta api buat melangkah lebih jauh kedepannya.

Era baru Kereta Api menjadi transportasi Masa Depan Indonesia

Seiring dengan perkembangan zaman maka perusahaan pun dituntut melakukan perubahan atau sering kita sebut transformasi. Untuk kedepannya saya rasa transformasi PT. KAI haruslah dilakukan, untuk menjaga eksistensi dan semangat dari perusahaan sendiri dari masa ke masa. Seperti paparan diatas bahwa kereta api memiliki kekuatan khusus dimata para customer atau penggunanya, hal ini merupakan modal awal untuk membawa brand kereta api menjadi next level. Banyak contoh perusahaan yang dulu berjaya di masa lalu kita dapati saat ini sudah tidak dapat bersaing, brand atau produk yang kita dulu puja-puja sekarang bahkan tidak diproduksi lagi sehingga prinsip change or die merupakan hal yang sangat relefan untuk kedepannya.

Kereta api kedepan harus dapat mewakili semangat perkembangan zaman, dan hal ini mau tidak mau akan menyentuh disegala aspek dari perusahaan baik sumberdaya manusia, fasilitas, sarana dan prasarana, bahkan juga kebijakan management yang mendukung semangat tersebut. Untuk menghadapi tantangan tersebut harapan saya kedepannya kereta api harus berfokus  melakukan pengembangan terhadap beberapa hal sebagai berikut:

a. Peningkatan kapasitas penumpang

Peningkatan kapasitas dari penumbang dapat dilakukan menggunakan beberapa cara, antara lain menambah perjalanan kereta yang akan berkaitan dengan penambahan jaringan rel kereta baru, sebagai akibatnya bisa menambah jumlah perjalanan itu sendiri. Tetapi selain itu mungkin PT. KAI wajib melakukan perubahan yaitu dengan menyebarkan kereta dengan gerbong tingkat, artinya kapasitas dari penumpang sendiri akan bertambah secara signifikan.

Jika melihat menurut bepergian mungkin hal ini dapat diaplikasikan buat perjalanan yg menggunakan jalur utara dimana, dari segi jalur sendiri nir berkontur perbukitan yg poly terowongan. Kemudian hal positif lain yang dihasilkan bisa memacu perkembangan pariwisata karena akan membuat poly orang yg ingin mencoba atau mencicipi pengalaman menggunakan kereta bertingkat.

b. Peningkatan fasilitas dalam gerbong kereta

Peningkatan fasilitas gerbong kereta sendiri dirasa perlu buat menaikkan service buat pengguna kereta barah, seiring perkembangan zaman dan teknologi ekspektasi menurut pengguna sendiri akan semakin tinggi. Saat ini layanan prima sudah diberikan oleh PT. Kereta Api, namun pengembangan layanan ini wajib selalu dikembangkan, dengan perkembangan dunia digital dan teknologi yang semakin pesat bukan hal yg tidak mungkin untuk diaplikasikan jua pada rangkaian Kereta masa depan, adapun pengembangannya merupakan:

1.      Aspek Teknologi

Teknologi yang terus berkembang, menuntut kita merancang sebuah kereta yang mewakili aspek tersebut, gerbong kereta haruslah mengedepankan usur kenyamanan yang dibalut dengan unsur teknologi yang semua untuk memberikan akses atau memunculkan kepuasan pengguna itu sendiri. Sebuah gerbong kereta masa depan yang memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna, yang antara lain ketika akan naik kita disambut dengan pintu elektrik untuk naik ke atas gerbong hal ini sangat membantu untuk pengguna kereta api yang kesulitan untuk naik atau turun, pintu ini akan berbentuk tombol ketika ditekan maka otomatis pintu tersebut akan turun atau naik, setelah naik kedalam gerbong kita akan disambut dengan  yang memiliki pintu otomatis dengan sensor, yang ketika kita memasukki akan langsung terbuka. Teknologi kursi yang dapat diatur untuk keempukkan atau kenyamanannya, dan adanya tempat untuk relaksasi berupa kursi pijat untuk penumpang yang membutuhkannya, peletakkannya sendiri dapat diletakkan di gerbong entertainment yang tentunya akan menjadi daya tarik sendiri untuk penumpang. Fasilitas di dalam gerbong pun tidak kalah mewahnya dilengkapi dengan layar TV pada masing masing tempat duduk yang jamak kita lihat pada kelas priority atau KA Wisata yang terintegrasi dengan jajaran top chanel untuk memberikan hiburan untuk customer dan juga dapat dikombinasikan dengan greetings speech ketika seorang duduk yang mengucapakan selamat datang dengan nama yang sesuai dengan nama pengguna yang terdaftar di tiket, tidak cukup disitu saja untuk memberikan kenyamanan diberikan pula akses internet untuk seluruh pengguna dalam gerbong mengingat untuk saat ini akses internet sudah menjadi hal yang pokok dalam aktivitas sehari-hari.

2.      Aspek Kenyamanan

Kenyamanan pengguna akan menjadi salah satu tujuan utama, kenyamanan kereta api dimasa depan didefinisikan sebagai kereta yang nyaman untuk segala usia atau bahkan untuk orang dengan disabilitas. Seperti yang kita ketahui bahwa kereta merupakan moda angkutan yang paling favorit dari seluruh kalangan maupun status strata sosial. Kereta Api di masa depan haruslah mengakomodir kebutuhan tersebut, dengan menghadirkan Gerbong kereta keluarga yang mengakomodir kebutuhan keluarga yang bersama anak dengan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, dimana tempat duduk dapat diatur khusus untuk anak tidur dan juga memiliki interior yang cerah dan memberikan aspek cerita yang mebuat anak kecil merasa nyaman. Gerobong kereta entertainment sebagai solusi untuk memberikan hiburan kepada pengguna kereta api yang mungkin jenuh atau menginginkan refreshing sejenak. Gerbong ini berisi beberapa permainan yang dapat digunakan untuk bermain sekedar bersama teman atau penumpang lain untuk sekedar melepas kejenuhan, kemudian terdapat pula deretan kursi pijat yang dapat digunakan oleh pengguna kereta api untuk relaksasi mungkin dari jauhnya perjalanan. Gerbong kereta sleeping menjadi solusi perjalanan yang membutukan waktu jarak jauh, dimana fasilitas ini dapat dijual khusus dan difungsikan untuk istirahat dari customer yang membutuhkan perjalanan jauh untuk sampai tujuan.

3.      Aspek Keamanan

Kemanan disini adalah faktor paling penting dalam sebuah industri transportasi, buat kedepannya kereta barah menerapkan CCTV buat memantau keadaan didalam kereta menaruh keterangan mengenai tindakan dalam keadaan darurat berdasarkan masing-masing TV dari pengguna. Keamanan berdasarkan Polsuska yang menjaga selama perjalanan & melakukan penindakan waktu diharapkan.

c. Peningkatan Pelayanan

Seperti yg sebagaian orang ketahui bahwa, asal daya insan adalah hal yg utama buat menentukan keberhasilan dari sebuah perusahaan. Apabila sebuah perusahaan ingin menyebarkan bisnisnya maka dituntut pula kompetensi yg memadai juga dari karyawan perusahaan tersebut, hal ini penting terutama bagi PT. KAI yg berkiprah pada bidang jasa, yang dituntut pelayanan yg maksimal & prima menurut seseorang penumpang. Lahan bisnis yang menjadi focus primer merupakan ketika penumpang masuk stasiun keberangkatan hingga dengan hingga menggunakan stasiun tujuan. Kedepannya semangat peningkatan pelayanan ini harus bisa dicerminkan berdasarkan masing-masing karyawan KAI, karana saat kita bicara aset maka karyawan adalah aset yg sangat berharga. Proses internalisasi menurut prinsip-prinsip perusahaan yang menjadi ruh harus teraplikasikan terhadap seluruh proses usaha. Sebagai contoh waktu bicara customer oriented maka kita wajib mempunyai standart yang sama menurut seluruh DAOP, bahkan haruslah sama seluruh Indonesia semua telah ada SOP nya & yg paling krusial konduite tadi wajib menginternalisasi di seluruh karyawan.

Sebagai penutuh paparan diatas bahwa prinsip utama transportasi adalah kemanan, kenyamanan, ketepatan waktu dan juga harapannya kedepannya juga akan muncul nilai yang lain yaitu entertainment yang merupakan prinsip yang baru dimana kita benar benar menikmati perjalanan dan tanpa terasa kita sudah sampai dengan tujuan kedepan. Kedepannya harapan saya PT. KAI harus terus berkembang dengan melihal kesempatan untuk model bisnis baru yang masih menyangkut core PT. KAI sendiri. Semoga semakin maju dan semakin melayani dengan hati dan saya berharap PT. KAI dapat mejadi The Bridge of Our Nation yang menyambungkan pulau-pulau yang ada di Indonesia, akhir kata jaya terus Kereta Api Indonesia tetaplah melayani dengan hati.